Jumat, 27 Desember 2019

EUROPE TRIP (JERMAN, CEKO, AUSTRIA, SWISS, ITALY) + Transit OMAN

HI SEMUANYAAAA,,, Akhirnya aku kembali menulis yaa… okayyy,,,  Jadi beberapa waktu lalu kan aku udah bagi – bagi tips,, soal bikin visa schengen via kedubes jerman,, nah kali ini aku mau membagikan pengalaman aku setelah berkunjung ke beberapa negara schengen itu,, Kota yang aku kunjungi adalah Nuremberg (Germany), Prague (ceko), Vienna (Austria), Lauterbrunen, Interlaken, Bern, Murren, Wengen, Grindelwald (Swiss), Milan (Italy),,,  pokoknya terlengkap ada disini…

1. BIAYA - BIAYAAA

Seperti biasa,, kalau mau jalan – jalan hemat ala aku harus menyicil beli ini itu nya, dimulai dari beli tiket pesawat… yuk ini dia biaya – biaya yang aku keluarkan untuk trip EU kali ini,, cekidot….

TIKET PESAWAT

Waktu itu dapet promo tiket oman air pp multicity Jakarta – Frankfurt, Milan – Jakarta seharga IDR 6,2 juta rupiah saja teman – teman,, aslinya harga tiket ini kalau di web oman yang lagi promo juga IDR 7 jutaan, tapi waktu itu aku beli nya di traveloka pake kode promo potongan 1 juta jadi dapet harga IDR 6,2 juta aja.. BTW ini aku gak di endorse sama traveloka lho,, tapi kalau ada orang marketing traveloka yang baca ini dan mau endorse boleh banget,, wkwkwk,,, dan waktu itu juga sempet turun harga tiketnya jadi bisa 5,8juta aja, beberapa hari setelah aku beli,, OMG,, emang ini untung – untungan sih kalo urusan pertiketan..

TAPIIII… ADA KABAR GEMBIRA SODARA – SODARA.. Jadi pas pulang nya dari Muscat – Jakarta aku dan temen – temen dapet free upgrade ke Business Class,, gak ada angin, gak ada hujan,, gak tau juga alasan pastinya kenapa bisa diupgrade Business Class,, Jadi tu pas lagi mau open gate kan antri masuk,, terus mba nya langsung sobek boarding pass aku, dia print in baru terus dia bilang “move to business class” ,, terus aku kan kaget,, cuma melongo terus bilang “Ok, Thank You” abis itu turun dari eskalator baru deh ngeh “Lah kok di pindahin ke business class” wkwkwk,, langsung cekikikan ama temen – temen,, wkwkwkwk Siska itu emang loadingnya lama,, maap ya manteman.. Tapi si feeling aku dan temen – temen,, kita di upgrade ke business class karena barengan sama orang umroh,, jadi yang umroh tuh 90%, 10% nya kayanya yang di pindahin ke business class soalnya bukan umroh semua,, dan kebetulan memang business class nya dia lagi kosong.. Itu cuma praduga wkwkwk belum di verifikasi,, saya juga gak mau sebar hoax,, haha,, tapi baca – baca curhat orang – orang katanya Oman air ini emang sering upgrade ke business class gratis, cuman kriteria nya apa gak tau,, karena aku juga dapet business classnya pas dr muscat ke jakarta doang..

Selain beli tiket pesawat utama nya, aku dkk beli tiket pesawat dari Prague (ceko) ke Zurich (swiss), naik Swiss Air.. Harga tiket pesawatnya one way sekitar CHF 100an,, klo dirupiahin jadi IDR 1,4jt an.

VISA SCHENGEN

Seperti yang udah aku ceritain di blog aku sebelumnya tentang visa schengen, Biaya visa nya IDR 1.190.000, untuk detail nya kalian bisa baca di tulisan aku tentang visa schengen yakk,,

Selain bikin visa schengen, kami juga buat visa oman,, karena hari kami transit lama di oman dan sempet main di muscat juga,, biaya visa nya 5 OMR,, cara apply nya bisa visit ke web e-visa nya oman..

TEMPAT BOBOK

Jadi selama di EU kami book airbnb di Nuremberg, Prague, terus di Lauterbrunen sama di Milan kami nginep di Hotel,, terus di Vienna kita gak nginep,, sehari aja soalnya.. Pas di Milan booking 2 malem karena aku flight balik nya tgl 29 malem, jadi biar bisa checkoutnya bisa sore – sore. Oiya karena aku bertigaan dengan Kak Azni dan Kak Nurul jadi disini ada harga bertiga nya dan harga yang sudah dibagi perorang.

Hotel/Airbnb
IDR 974,211
Total
IDR 3,267,646

Oiya,, di Milan itu ada city tax nya juga,, jadi aku waktu itu kena city tax sekitar IDR 200ribuan, Cuma karena pake kode promo booking.com jadi kaya IDR 200ribunya semacem jadi cash back gitu. Kode promonya apa,, mohon maap ku tak tau,, yang bookingin @azniputri,, tanya langsung aja ama orangnya.

WIFI PORTABLE

Waktu itu kita pk wifi gitu, nyewa di wifi republik… sekali lagi, ini juga bukan lagi iklan,, wkwkwk,,  buat di negara Schengen + oman karena aku transit seharian di muscat.. harga nya IDR 884,000 tapi ada deposit IDR 500.000, tapi setelah wifi nya dikembalikan deposit nya juga dikembalikan,, jadi karena kami bertiga ( geng jerman sebutannya, karena pas di swiss dan milan ketemu sama geng belanda yg landing hari pertamanya di belanda,, wkwkwk ),,, harga wifi nya dibagi 3 jadi perorang IDR 294,667.

TRANSPORTASI

Untuk transportasi, yang paling menguras kantong adalah di Swiss,, karena mahal beudd,, better kalian beli saver say pass, karena kalau beli one way – one way jatohnya mahal,, di German juga mending pake kaya day pass,, soalnya klo beli sekali jalan juga mahal,,
Oh iyakk di Jerman ini unik lho,, kalau naik city train nya ga di periksa,, gak ada petugas nya, Cuma katanya sih kalau lagi ada razia terus ketangkep gak punya tiket denda nya 50 euro,, gilee mihil bingit,, seinget aku di prague sama vienna juga ga diperiksa sih,, klo di swiss kan antar kota, dan pake saver day pass jadi bisa di tunjukin aja ke petugas yang cek di dalam kereta.. Dan kalo di Milan, model stasiun nya kaya di jepang,, jadi kaya masukin kartu tiket, kartu nya bentuk kertas gitu nanti gate nya kebuka baru deh masuk,,
Ini dia biayanya

IDR 263,602
Flix Buss Vienna to Prague
IDR 262,802
Saver day pass 2 hari (chf 51/day)
IDR 1,518,400
one way lauterbrunen ey to spiez
IDR 317,679
IDR 228,000
TOTAL
IDR 4,999,407

Waktu di oman sebenarnya kami cuma tarik uang 5 OMR, tapi karena pas mau ke bandara keabisan uang cash terus dibayarin bapak2 raja minyak,, disni aku estimasiin 6 OMR, karena aslinya emang abis 6 OMR wkwkwk..

BIAYA SEHARI - HARINYA

Aku gak masukin jumlah tarik uang aku disana yaa, karena kan tiap orang abis nya beda – beda,, Estimasi aja biaya sekali makan 10 euro,, waktu di vienna itu lagi mujur aja kayanya dikira mahasiswa,, jadi makan di restoran pakistan Cuma bayar 5 euro,, makan prasmanan sepuasnya ,, *rejekianaksolehah,, Oiya karena kami muslimah beneran yang berani coba – coba makanan yang belum tentu halal jadi kami gak nyobain makanan lokal,, kita pasti makan di resto Turkey, India, Pakistan, Arab yaa gitu deh,,  Jadi kalian bisa estimasiin sendiri aja

Okayyyyyy jadi seperti ituh biayanya,,

Desc
IDR 4,999,407
Total
IDR 17,653,642

Biaya biaya diatas belum termasuk biaya uang jajan, makan, oleh – oleh dan belanja – belanja yak,,, kalau aku sih kemarin kaya cuma abis total IDR 20,6 jt, tapi itu kan karena pas di nuremberg aku masak sarapan dan makan malam nya,, kalo makan diluar semua kayanya lebih deh abisnya..

2. DESTINASI WISATAAAAAA

Pasti ini yang kalian tunggu – tunggu,, wkwkwk,, yasudah tanpa banyak cuap – cuap cingcong,, kita mulai dari Nuremberg atau kalau bahasa jermannya Nurnberg.

1). NUREMBERG - GERMANY

Jadi setelah landing di Frankfurt kami langsung ngebis ke Nuremberg, jarak nya sekitar 4 jam (Kalo gak macet) berhubung waktu itu macet, kaya berangkat jam 9.30an sampe Nuremberg jam 3 sore, dan karena lagi musim gugur, jam 4 sore pun sudah gelap, jadi kami cuma ke sekitaran central stasiun aja. Jadi kita puas keliling – keliling pas besok nya,,

Weißgerbergasse

Kita mulai perjalanan naik tram turun di stasiun Hallertror, Jalan kaki sebentar menuju jalan Weißgerbergasse dan kalian akan berjumpa dengan bangunan unik seperti dibawah sini.

Gbr. jalan Weißgerbergasse

St. Sebald – Sebalduskirche Nurnberg

Sehabis puas foto – foto di jalan Weißgerbergasse kita terus menyusuri jalan menuju Imperial Castle, eh,, ternyata ketemu gereja tua yang bangunannya juga bagus yaitu St. Sebald – Sebalduskirche..

Gbr. St. Sebald

Imperial Castle

Jadi ini kita cuma jalan kaki aja, dan di sepanjang jalan pun bangunan nya bagus – bagus,, nggak ngerti lagi deh nuremberg cantik nya minta ampyun.

Gbr. Imperial castle

Sepulang dari Imperial castle kita masih jalan, muter – muter sekitaran aja, dan kita mencari mesjid, tapi karena masjid nya juga lagi di renovasi jadi aku gak foto gaes,, maaf ya.. Jadi buat kalian yang mencari masjid juga, di Nuremberg sudah dipastikan ada Masjid, jadi jangan khawatir...

Makan siang di  Balkan Spezialitaten

Balkan Spezialitaten adalah Restoran Turkey yang ada di Nuremberg. Kebetulan kami gak berani nyobain makanan lokal yang belum tentu halal, jadi udah pasti halal aja. Kami menghabiskan sekitar 30 Euro ber 3. Jadi masing – masing sekitar 158.000an lah ya 10 euro sekali makan.

Gbr. Makan siang kita

Weinstadel

Setelah itu kami menuju Weinstadel,, Jembatan kece yang lokasinya dekat dengan Weißgerbergasse.

Gbr. Winstadel

Di Nuremberg itu kaya di negeri dongeng sih, soalnya bangunan tua nya bagus banget, kaya di film barbie atau film disney princess,, hehe

ST. Lorenz dan Pasar Natal

Habis itu kita jalan kaki menuju pasar natal, kebetulan aku kesana nya kan akhir November jadi udah mulai suasana natal, disana banyak jajanan lokal, buat yang non muslim kalian bisa cobain minum anggur, tapi yang muslim jangan yaa,, kan gak boleh..

Gbr. St. Lorenz

Malemnya aku cuma belanja jastipan temen – temen aja sih, karena disekitaran St Lorenz ini banyak brand – brand yang bisa di jastipin, kebetulan waktu itu aku ngejastipin the ordinary, dll.

Yasudah,, segitu aja sih di Nuremberg, soalnya pas hari pertama di Nuremberg kami cuma ke Pasar Natal itu karena sampe Nuremberg udah sore antara jam 3-4 sore, dan karena udah mau masuk musim dingin jadi jam 4 sore udah aga gelap ya,, jadi yang bener – bener full muter – muter di Nuremberg cuma 1 hari aja.

2). PRAGUE – CZECH REPUBLIC

Okayy,, dari Nuremberg kita menuju prague dengan menggunakan Bus,, Perjalanan bisa dibilang lebih cepat Nuremberg ke Praguen Central Station, dibanding dari Frankfurt ke Nuremberg.. Sebenernya pas nyampe Prague Central Station kami makan siang dulu di restoran India, tapi lupa namanya resto nya apa, maafkan ya,, Lupa di foto juga menu nya,, lokasinya tinggal jalan kaki sih dari Central Station.

Prague Castle

Prague Castle menjadi destinasi pertama kami di Prague. Bisa naik tram turun di Malostranske namesti. Kalau masuk biaya ticket nya CZK 350, tapi  kalau mau foto – foto diluar aja gratisan..

Gbr. Prague Castle

Charles Bridge

Setelah dari Prague Castle kami jalan kaki menuju Charles Bridge..

Jalan nya lumayan sih, tapi kalo traveller mah udah biasa ya semestinya wkwkwk,,, Jangan lupa beli roti ini,,, seinget aku CZK 50 harga nya,, tapi kalau yang lain di tambahin ice cream harga nya nambah CZK 80an tergantung rasa nya juga sih,, tapi aku gak pake ice cream karena takut ga halal, maap ya rempong akunya masalah makanan,,

Gbr. Roti yang kuceritakan ituhh

Ini penampakan Charles Bridge nya,, tapi sayang sekali babang di belakang ku mangap nya gede beddd,, jadi mengacaukan poto kece ku,,,

Gbr. Charles Bridge with babang yang mangap,,
mba2 colek itu pacarnya takut ada burung lewat terus ee

Setelah itu kita mencari – cari masjid di seputaran Charles Bridge,, udah muter kesana kemari ternyata masjid nya tutup kalau hari biasa,, dibuka pas jumatan aja hikss,,, yasudah akhirnya kami jalan kaki mau balik ke airbnb.

Dancing Building

Pas mau pulang ke airbnb setelah kecewa karena masjidnya tutup, ternyata kita nyasar,, salah arah naik trem nya,, tapi dibalik nyasar itu akhirnya kita bertemu dengan Dancing building yang lagi ngehitz ini,,

Gbr. Dancing Building

Aslinya biasa aja sih ehehe,, tapi bagi para pecinta seni ini luar biasa,, bayangkan tingkat kesulitannya membangun building ini,, dan juga cantik.
Yaaa,, segitu aja perjalanan aku di Prague, karena besoknya aku pp ke Vienna,,

3). VIENNA – AUSTRIA

Jadi kami naik kereta DB ke Vienna dari Prague Central Station,, di Prague memang harus hati – hati sama orang, keliatan nya baik tapi ternyata UUD alias ujung – ujungnya duit wkwkwk,,, Jadi waktu itu kan kita lagi bingung nyari peron kereta yang ke Vienna,, datang lah opah2 ngasi tau, terus kita masih nanya karena masih bingung, akhirnya si opah itu nganterin sampe peron,, opah ya ini mah bukan oppa wkwkwk,, kita udah terharuuu ada orang sebaik itu mau nganterin kita sampe peron dimana harus naik turun tangga,, ternyata si opah itu UUD gaesss,, dese minta duit 5 euro,, trs kita bilang gak ada,, dia minta lagi 3 euro,, kita mau kasih CZK 40 dia gak mau, akhirnya kita kasi CZK 50 kaya setara  2 Euro.

Makan Siang di Der Wiener Deewan

Der Wiener Deewan ini adalah resto pakistan, bentuknya kaya prasmanan gitu,, menunya sedikit sih tapi bisa makan sepuasnya,, harga pastinya aku juga kurang tau, tapi karena muka aku dkk kaya muka anak kuliahan jadi cuma di kasi tarif 5 euro/ orang,, wkwkwkwk alhamdulillah ya,,

Gbr. Makan siang ayam kari + salad,, yang sebelah salad gatau namanya apa

Aku cuma makan itu aja, tapi sebenarnya menunya ada macam – macam.
Habis itu kita mau ke Masjid, tapi berhubung bangunannya bagus, jadi poto – poto dulu hehe,,

Gbr. Di Jalanin aja dulu

Serasa lagi di negeri Mimpi akuu,, hiks... bagus bingit..

Vienna Islamic Center

Yass,,, setelah muter – muter nyari masjid akhirnya ketemu juga,, Besar sekali masjidnya,, dan tentunya tempat solat pria dan wanita dipisah, jadi kalian jangan ngarep nyambi cari jodoh yee,, lokasinya dekat stasiun metro Neue Donau.

Gbr. Masjid Vienna ( Vienna Islamic Center )

Yaa,, seperti itulah gambar masjid di Vienna yang aku kunjungi.

Schonbrunn Palace

Kalau mau kesini bisa naik apapun,, metro, bus, ato trem,, dan sudah pasti turun nya di Schonbrunn yaa,, jangan sampe kelewat,, Kebetulan aku juga disini cuma main di luar palace nya aja,, kalau mau masuk bayar,, harga tergantung mau masuk mananya,, ada garden nya dan museum nya,, tapi aku lupa harga tiket masuknya, mohon maap,,

Gbr. Schonburnn Palace, nyari prince charming berkuda putih

Selain di depan Istana nya,, kami jalan ke samping – samping nya dan bagus dong,, suasana musim gugur gitu rasanya kaya galau – galau di film korea..

Gbr. Ceritanya galau karena abang ada yang punya

Gbr. Katanya galau tapi cengar - cengir wae kumaha sih neng

Karena di Vienna juga cuma sehari PP Prague Vienna,, berangkat naik kereta, pulang naik bus, jadi aku cuma bisa kesitu aja,, mungkin next time kalau balik lagi aku akan mengunjungi tempat lainnya,, karena masih banyak banget yang bagus – bagus di Vienna yang belum aku kunjungi.

4). SWISS

Di Swiss ini aku ke beberapa kota, jadi aku mulai dari kota yang pertama aku kunjungi yaa.. Karena jarak dari Vienna ato Prague ke swiss lumayan jauh,, jadi kami memutuskan untuk naik pesawat dari Prague ke Zurich. Tapi di Zurich gak kemana – mana,, langsung naik kereta menuju Bern dan di bern kami ketemu sama temen – temen dari geng belanda,, mereka adalah kak Hao dan Kak Cipi,,

Bern

Di Bern ini kita cuma ke Masjid dan ke Gedung Parlemen. Disni mesjidnya cuma kaya bangunan biasa, mungkin karena mesjidnya kecil, dan alhamdulillahnya ketemu bapak – bapak orang Irak yang baik hati dan nganterin ke masjidnya, tapi aku juga lupa fotoin maafkan..

Gbr. Pemandangan belakang gedung parlemen

Setelah dari masjid kami ke gedung parlemen dekat stasiun bern buat ketemuan sama geng belanda..

Gbr. Geng German Vs Geng Belanda

Lauterbrunnen

Kebetulan kita tinggalnya di Lauterbrunen, dekat stasiun Lauterbrunen EY ..

Gbr. Lauterbrunenn bole ngembat dari kamera kak hao

Murren

Disini adalah pertama kalinya aku merasakan hujan salju,, rasanya kaya mimpiii,,, hiks,, lebaayyy,,, kalau mau kesini bisa naik cable car dan bisa melihat pemandangan dari atas cable car,, sayang nya waktu itu hujan jadi aga burem..

Gbr. Pemandangan Murren dari cable car

Gbr. Kucinta murren tapi terlalu dingin, sama kaya abang

Wengen

Karena pas kesana masi low season (Akhir November) jadi di wengen ini sepi banget, banyak resto yang tutup,, tapi tidak mengurangi semangat kami untuk mengeksplor swiss..

Gbr. Wengen yang lagi sepi

Grindelwald

Grindelwald ini desa yang indah banget,, rumah nya unik seperti gambar berikut. Tentunya kalau mau kesini bisa menggunakan kereta.. Apalagi kalau udah beli saver day pass harus di manfaatkan..

Gbr. Grindelwald

Interlaken
Sebenarnya kita udah mondar mandir melewati interlaken, tapi cuma transit aja,, baru kesampean pas sore nya,,

Gbr. Interlaken

5). MILAN – ITALY

Yapppp.. Milan adalah destinasi terakhir di ku di EU trip kali ini,, sedih yaa,,, Jadi Milan itu keliatan banget kota Seni, kayanya di Italy memang banyak banget para senimannya. Sayangnya harus hati – hati di Milan karena banyak imigran yang mencurigakan,, orang – orang bilang banyak copet dan banyak juga imigran kulit hitam yang jadi pedagang maksa,, Pokoknya kalian harus hati – hati gaes…

Duomo Milano

Ini adalah terfavorit neng sisi,, bangunannya bagus banget dan benar – benar karya seni yang ruarrr byazaahhh *kumat lebaynya,,, tapi ya seperti nya aku ceritain barusan,, harus hati – hati karena di duomo paling banyak copet sama mamang2 hideung yang jualan maksa,, kalau di tawarin apapun geratisan jangan mau lah pokonya karena nanti ujung – ujungnya kena palak,,,

Gbr. Majestic Cathredal

Sporzesco Castle

Ini lokasinya gak jauh kok dari Duomo, kalian bisa naik trem,, didalamnya ada beberapa patung dengan nama senimannya.

Gbr. Sporzesco Castle

Sempione Park

Lokasinya tepat di belakang Sporzesco Castle..

Gbr. Sempione Park

San Siro Stadium

Ini dia kebanggaan milanisty ama intersity,, padahal aku ga ngerti ya bola – bolaan.. aku mah nonton bola kalo ada pemain yang ganteng aja,, HAHAHAA,, tapi buat mengen – mengenin temen – temen aku yang ngefenss bingit ama club sepak bola itu, datang lah aku kesini sekalian open jastip wkwkwk…

Gbr. San Siro nampak pinggir nya aja

Kalau di liat – liat sih kayanya masi bagusan GBK hehehe,, waduhh gawat nanti neng di serang ama fans nya milan,,

Gardini Publici

Kalau mau kesini bisa naik metro gaes,, semacam taman yang bagus sekali identik dengan musim gugur,,

Gbr. Gardini Publici bersama kak haonisa

Villa Reale Milano

Dari Gardini Punblici tinggal jalan kaki aja,, dan ternyata ini adalah perpustakaan,, kalo perpustakaan nya kek gini neng mah betah seharian nongkrong dimari.

Gbr. Villa Reale Milano

1 DAY TRANSIT OMAN

Okayyy ini bonusnya,, hehe,, karena aku transit lama di Muscat jadi kita coba keliling Muscat. Di Muscat tidak ada kereta ya sodara – sodara,, jadi hanya ada bus dan taksi,, tapi di Muscat sopir taksinya maksa dan akan ngikutin kita terus, tapi yaudah cuekin aja,,
Oiya just info aja di Muscat ini masih mesti pakai uang cash, jadi siapin uang cash secukupnya.

Royal Opera House Muscat

Kalian bisa naik Airport bus ke Ruwi, nanti dari Ruwi bisa nyambung bus lagi turun di depan Royal Opera Housenya,, Tapi disini benar – benar silaw mann..

Gbr. Royal Opera House Muscat

Al Alam Palace

Untuk menuju Al Alam Palace kita juga mesti naik bis,, jadi setelah dari Royal opera kita balik lagi ke Ruwi,, terus naik bus tujuan Al Alam Palace / National Museum..

Gbr. Al Alam Palace,, silau mennn

National Museum

Ini lokasinya hadap – hadapan sama Al Alam palace,, kebetulan aku cuma di depan nya aja, gak masuk jadi gak tau isinya apa.

Gbr. kayanya si ini National Museum nya hehe

Mutrah

Naik Bus dari Al Alam Palace ke Mutrah,, bus nya sama seperti yang awal kita naikin dari ruwi ke Al Alam Palace.. Lokasinya di pinggir pantai dan kita makan disini,, makanan nya terus terang ku merasa aneh wkwkwk,, ayam khas kebab gitu tapi saus nya bawang putih mentah di blender,, aneh kan? wkwkwk untungnya aku sedia micin,,, bon cabe pokonya gak boleh lupa

Gbr. Mutrah dari pinggir pantai

Masjid Agung Sultan Qaboos

Ini adalah destinasi terakhir,, Mesjid ini luar biasa indah sekali,, udah kaya istana,, Kalian harus datang kesini kalau mampir ke Muscat…

Gbr. Masjid Agung Sultan Qaboos

Taraaaa,, selesai sudah blog aku kali ini,, panjang yah ceritanyaa,,, Gimana menurut kalian??? Aku udah gak sabar mau next trip nih,, kayanya si fix Mau ke New Zeland Agustus,, terus Oktober akhir ke Quebec,, terus desember ke India hhahahahahah,,,, Doakan semoga ada tiket nya,, Hayoo sapa mau ikutttt….. Dan sekarang sudah pukul 00.33 GMT +7 pemirsahhh,, yuk ah,,

See uu di cerita aku berikutnyaa,, jangan bosan – bosan membaca blog ku yaaa,,, silahkan leave comment kalau mau tanya,, ato dm ig aku @sisca_sisi2 ingat ya sisi nya 2,, soalnya yang sisi nya 1 tante – tante wkwkwk,,