Trip Turkey,, Ketemu Tulip, Main Salju di Musim Semi dan Wisata Negri dongeng di Cappadocia


Halooo,,, udah lama ya aku ga orat – oret di jalanjalanhemat.com, blog kesayangan kita semuaaa,, jadi bulan April 2019 kemarin aku halan – halan ke Turkey..  Yuk kita bahas dari mulai budget, destinasi wisatanya kemana aja,,  ini dia cekidot..


1.  PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT


-  TIKET PESAWAT


      Seperti biasa tiket pesawat ini tergantung promo nya,, biasa nya kalau ada Promo harga PP Jakarta Istanbul dikisaran IDR 7 juta an,, mungkin sekitar IDR 7,7 juta atau bisa kurang dan bisa lebih,, dan biasanya kalau di traveloka atau tiket.com ada potongan tambahan IDR 1 juta dengan minimum pembelian *bukan iklan, biasanya sih minimum IDR 7juta bisa dapet potongan IDR 1 juta jadi harga tiketnya bisa kalian beli di kisaran harga IDR 6,7 jutaan saja.. Murah khaannn…. Eh tapi waktu itu aku ketemu geng halan – halan dari Indonesia juga di Cappadocia, mereka katanya dapet tiket harga IDR 5 juta an,, WAWWWW,,,,,, Jadi kalian gak boleh ngebet beli tiket nya,, bisi kena penyakit iri kaya sayahh kalau dengar ada yang dapet lebih murah.. dan harus standby jari - jari cantik kalian untuk mencari promonya kalau mau murah.. Biasa nya maskapai yang kasi promo ada Etihad, Qatar, Emirates, Oman air, dan dulu sih Thai Airway juga suka kasi promo tapi sekarang2 ini ga pernah liat harga miringnya.


      Habis itu, karena mau ke Cappadocia juga,, kami book tiket PP Istanbul – Kayseri seharga IDR 1,044,851 naik Anadolu jet ( group nya turkish airline,, semacam citilink nya garuda ), itu beli nya beberapa minggu sebelum berangkat,, beberapa bulan sebelumnya sih aku sempet ngecek bisa seharga IDR 700ribuan deh pp istanbul kayseri,, tapi karena kebanyakan galau akhirnya baru beli pas udah mahal.


- TEMPAT BOBOK


Jadi waktu itu sih kami memilih aplikasi Airbnb untuk mencari tempat bobok *bukan iklan juga, karena kalau hotel pasti mahal khaann,, karena kami anak nya crazy ngirit Indonesian, jadi kami pilih sewa apartemen via airbnb,, dan karena kami juga berniat untuk masak di sana, jadi kami cari apartemen yang lengkap, seperti ada kompor, kulkas etc… Biaya sewa sebenarnya murah, tapi kalian harus book jauh – jauh hari, karena kalau udah dekat harga nya bisa naik 2x liphattt,, Waktu itu biaya sewa kamar kami di Taksim + hotel cappadocia IDR 4,309,482 untuk total 9 hari 8 malam, karena kami bertiga jadi patungan masing – masing IDR 1,436,494. Pas di istanbul sengaja kita pilih tinggal di taksim soalnya lokasinya strategis dan lebih murah dibanding sewa di sekitaran sultan ahmed,, kalian bisa mondar – mandir naik metro dan tunnel dengan ongkos sekali jalan 2 lyra saja, bayarnya pakai istanbul kart. 


- E-VISA TURKEY


E-Visa nya terbilang mudah dan murah dibanding ngurus visa di negara lainnya, kalian cukup masuk ke website e-visa nya, lalu isi data yang tertera di passport kalian, terus bayar USD 26.05 jadilah E-Visa nya, tinggal di print aja,, Sebenarnya biaya visa nya aja USD 25 tapi ada tambahan biaya admin jadi nya kena USD 26.05 yaa. Web nya silahkan klik dibawah ini :





- GREEN TOUR CAPPADOCIA


Karena di Turkey gak semua destinasi terjangkau oleh public transportation,, kami memutuskan untuk Book Paket tour untuk di Cappadocia via Klook, karena lokasi penginapan kita dekat dengan jalur  red tour jadi kami pilih paket green tour nya. Harga paket nya IDR 440,059  tapi sekarang kayanya udah mahal deh, barusan aku check harga nya udah IDR 600ribuan.



- SIM CARD


Oiyess,, setelah dipertimbangkan mau sewa pocket wifi atau beli kartu, akhirnya kami pilih beli kartu aja, temenku sih yang beli via shopee harga nya IDR 289.000 buat internetan selama 7 hari sana,, 2 hari nya kami ga pake internet,, hari pertama dan terakhir wkwkwk,, berhubung hari pertama sampe sana udah sore banget,, dan hari terakhir balik nya juga pagi – pagi,, jadi kita pikir mubazir klo beli paket yang 9 hari,, harap maklum “Crazy ngirit indonesian”,, Saking ngiritnya itu internet di tethering buat betiga.. HAHAHAHAAA.. jadi temen ku bawa HP cadangan yang di pakai buat share wifi ke kami..



Okay,, kayanya cuma segitu aja deh uang yang di keluarkan sebelum berangkat ke turkey. Kalau kalian lebih gila ngiritnya dari aku, mungkin kalian bisa lebih murah sih.. berikut perhitungan uang sebelum berangkat nya yess,,


Biaya- Biaya
Price IDR
Pesawat PP Jkt-Istanbul
IDR 6,780,700
Pesawat PP Istanbul-Kayseri
IDR 1,044,851
Patungan Airbnb Taksim + Cappadocia
IDR 1,436,494
Green Tour Cappadocia via KLOOK
IDR 440,059
E-VISA TURKEY USD 26.05
IDR 372,515
Patungan Sim Card
IDR 96,333
Total
IDR 10,170,952




2. UDAH DITURKEY,,, Terus mau ngapain aja? Abis berapa?


- Ambil uang TL ( Turkish Lyra )


Yes,, pertama – tama setelah landing,, yang harus dilakukan adalah ngambil duit.. Karena di Indonesia ga nemu Money Changer yang jual lyra, kalau mau kalian tuker euro atau USD dulu baru deh disana tuker ke lyra, tapi praktisnya sih langsung tarik di ATM aja. Oiya jangan lupa, selain kalian akan kena potong biaya admin IDR 20.000, kalian juga akan kena biaya admin 5%, jadi misalnya mau narik 1000lyra keluar nya dipotong 5%,, gitu lho,, seinget aku waktu itu narik 2x total sekitar IDR 2 juta rupiah, tapi ada beberapa yang aku gesek pakai kartu kredit yaitu biaya makan, beli baju, sepatu dan oleh – oleh,, Mungkin klo ga pake beli baju, sepatu sama oleh2, abis sekitar IDR 2,5juta aja,, wihh murah ya,, itu 9 hari 8 malam lho,, mahalan di bali kayanya Heheee…. waktu itu kurs nya 1 lyra sekitar IDR 2,400 s.d 2,500an.


- Transportasi di Istanbul


Jadi kalau mau kemana – mana kalian pakai istanbul kart gitu, waktu itu kami beli di airport harga nya 10 lyra terus kita isi 50 lyra soalnya mau langsung dipakai buat naik bus ( Havaist Bus ) dari airport ke Taksim. Biaya bus havaist itu 18 lyra sekali jalan. Terus kalau kalian mau keliling – keliling naik tram, tunnel, atau metro seinget aku sih harga sekali jalan nya  sekitar 2 lyra.  Karena kita naik jarak dekat juga.




- MUZE KART


Kalian wajib bingit mesti kudu beli Muze Kart, karena Muze Kart ini bisa dipakai untuk mengunjungi beberapa museum selama beberapa hari. Waktu itu aku pilih yang harga 185 TL untuk visit ke museum – museum selama 5 hari. Waktu itu beli nya di Archeology Museum dekat Gulhane Park.




3. DESTINASI WISATA DI ISTANBUL – Wisata sejarah islam dan foto bersama tulip


Di  Istanbul kita belajar sejarah Islam dan Wisata park untuk melihat tulip, kebetulan pas kesana kan bulan April, lagi musim semi,, jadi waktunya tulip bermekaran.. Di Istanbul ini memang kota penuh bunga,, di pinggiran jalan aja banyak bunga nyaa,, Klo di Indonesia kaya gitu mungkin bunga nya udah dipetikin para ABG buat nembak cewe hahaha..


- GULHANE PARK


Dari taksim kita naik tunnel ke kabatas, terus naik Tram line dari kabatas turun di gulhane,, Jalan kaki sebentar langsung ketemu deh gulhane park,, teruntuk kamu - kamu yang ingin ketemu tulip.


Gbr. Gulhane Park



- ARCHEOLOGY MUSEUM


Lokasinya sebelahan sama Gulhane Park,, Jadi Jalan kaki aja, disini kita sekalian beli Muze Kart yang bisa dipakai ke beberapa museum kaya Topkapi, Hagia Sophia, Rumeli Hisari gitu. Isi di dalam museum ini ada banyak patung - patung, mungkin ada artinya juga seperti sejarah orang - orang jaman dulu dalam bentuk ukiran patung. Hal unik nya disini patung - patung di luar museum tidak ada kepalanya, aku kurang tau sih apa alasannya.



Gbr. Archeology Museum


- TOPKAPI PALACE


Dari Arkeology Museum kita jalan kaki,, aga jauh sih 1km kali ya,, dan aku seneng banget bisa ke topkapi ini karena di dalem nya berisi tentang sejarah penyebaran islam, ada benda – benda sejarah juga seperti pedang dan lain – lain. Tapi ga boleh di Foto. Jadi ini aku kasi foto dari luar ya.. Maafkan aku yang narziz ini..



Gbr. Pintu Masuk Topkapi Palace


 Gbr. Pas mau masuk tempat penyimpanan benda - benda bersejarah



-HAGIA SOPHIA


Hagia sophia yang lagi ngehitz ini, karena dulu nya gereja lalu pas jaman kejayaan Islam di ubah fungsinya menjadi mesjid dan sekarang menjadi museum. Denger – denger presiden turkey yang sekarang Pak Erdogan mau mengubah kembali Hagia Sophia menjadi mesjid. Lokasinya dekat Istana Topkapi dan Blue Mosque


 Gbr. Hagia Sophia, muka nya minta ditabok ya..


- BLUE MOSQUE


Ini yang indentik sekali dengan Turkey, Icon nya Turkey yekhaaannn,,,  ini juga kita jalan kaki aja dari Hagia Sophia karena lokasinya hadap – hadapan. Dan uniknya pas azan antara Hagia Sophia dan Blue Mosque saling bergantian gitu alias saling sahut – menyahut klo kata orang jekardahh..




Gbr. Blue Mosque,, lebih bagus kalau tanpa saya di fotonya sepertinya


- EMIRGAN PARK


Ini bagus bangeettt,, waktu itu aku naik bis nomor 25 dari Kabatas,, turun di Emirgan park.. Kita bisa lihat berbagai macam tulip dan bunga lainnya.. Tempat nya juga cocok buat piknik,, Jadi kalau mau bawa rantang boleh,, di dalem park nya ada kursi dan meja buat gelar makanan.. Eh tapi jangan jualan yaa,, gaboleh,,




 Gbr. Tulip di Emirgan Park


- RUMELI HISARI


Dari Emigran Park kita naik bis yang sama terus turun di Rumeli Hisari. Rumeli Hisari ini lokasinya di pinggir pantai, waktu itu sih aku sekalian makan siang, dan harga nya pun terbilang murah ketimbang makan di Grand Indonesia. Aku makan Chicken bbq with Mash potatos harganya Cuma 30an TL.




Gbr. Makanan yang ku bilang murah itu

Gbr. Rumeli Hisari tampak luar


 

- GALATA TOWER


Sepulang dari Rumeli Hisari kita ke Galata Tower,, Jadi naik bis lagi ke Kabatas terus kita naik Tram turun di Karakoy, terus jalan kaki,, lumayan sih jalan kaki nya nanjak terus.. kalau mau naik ke towernya bayar, tapi kulupa berapa harga nya soalnya aku ga naik.. Terus kayanya aku lupa mindahin foto galata tower ini dari kamera temenku, jadi skip yaa,,




-TAKSIM SQUARE


Ini lokasinya deket banget sama apartemen yang aku sewa, jadi Cuma jalan kaki 2 km aja,, klo di Indonesia mungkin jarak 2 km jauh ya, tapi kalau disana gak kerasa..


 Gbr. Taksim Square tampak samping



- ISTIKLAL STREET


Disini ramai sekali pemirsah,, karena banyak toko – toko gitu.. pokonya oke bet buat yang mau shopping,, aku beli sepatu boots keceh harga nya cuma 59 TL atau sekitar 120ribuan saja,, sementara di Indonesia boots itu harga nya udah diskon aja 500ribu pemirsah.. terus aku beli baju tebel juga harganya 29 TL deh,, murah lah pokonya Happy banget..



Gbr. Istiklal Street



-ST. ANTHONIE CHURCH


Sayangnya waktu aku sampe sini lagi di renov,, lokasinya d Istiklal street dekat toko Zara. tapi aku ga berhasil foto karena lagi ditutupin karena di renov..




-GRAND BAZAR


Kalau mau kesini naik tram turun di Beyazit, tapi harga nya disini mahal – mahal. Jadi kalau mau cari oleh – oleh mending pas kalian pergi ke Bursa atau di Sultan Ahmed.



 Gbr. Grand Bazar



4. DESTINASI WISATA DI BURSA – Main Salju di Musim Semi


Waktu itu enggak sengaja liat bis Hop Hop Tour gitu ada bacaan bursa nya di depan, awal nya kita mau coba ngebolang sendiri, soalnya harga paket tour dimana – mana mahal banget,, yaudah karena liat bis hop hop itu besok nya pagi – pagi sekitar jam 7.30 kita ke stasiun metro taksim tempat bis hop hop itu mangkal, terus jubir kami yaitu Azni Rosada menanyakan pada babang2 bernama usama, dia menjelaskan harga paket dll. Harga paket tournya 180 TL tapi kita harus follow ig nya hop hop tour. 


Tapi disini aku lupa untuk foto – foto gaes,, kalau kalian mau liat gambar dan full liputan aku selama di Bursa, kalian bisa ke youtube aku di Siska Amelia Merdi judulnya “Trip ke Bursa main salju di musim semi”,, tapi better cari dengan nama aku aja sih, soalnya Cuma aku yang nama nya Siska Amelia Merdi di dunia ini,, heheheheeee…


Okeyy berikut ini Rincian Tournya


- TURKISH DELIGHT FACTORY


Destinasi pertama di tour bursa ini adalah ke Turkish Delight Factory,, disini ga cuma turkish delight aja sih, ada baklava juga dan harga nya lebih murah dari di Istanbul. Disini kita di jelasin proses pembuatan nya, kebetulan disediain semacam guide berbahasa inggris yang jelasin ke kita proses pembuatan turkish delight, kita bisa liat mesin nya juga.



- GREEN MOSQUE


Sebelum ke green mosque nya, kita diajak ke tempat sovenir gitu, lokasi toko sovenirnya satu area dengan green mosque.. Disini ada macam – macam sovenir sih, kayanya disini juga harga nya lebih murah dibanding di Istanbul, waktu itu aku sempet nyobain aksesoris putri ottoman kaya gini hehe,,,



Gbr. Waktu di crowning jadi Princess Ottoman ( dalam hayalan )


Tapi aku ga ada foto green mosque nya gaes,, kalian visit youtube aku aja yaaa


- NAIK GONDOLA KE GUNUNG ULUDAG


Ini dia yang ditunggu – tunggu yaitu naik gondola,, jarak nya lumayan jauh,, jadi cukup puas.. 1 cable car muat untuk 8 orang jadi waktu itu kami barengan sama orang Oman juga.

 Gbr. Gondola menuju gunung uludag



- BBQ-an


Abis turun dari Cable Car, kita udah disambut oleh Usama, terus langsung di ajak ke Resto buat makan siang,, kita bakar sendiri dagingnya,, masing – masing orang dapat 500gram daging yang terdiri dari daging sapi, kambing dan ayam, juga dapet Roti dan air mineral.


 Gbr. Bbq-an di resto gunung uludag


- SKI AREA


Setelah kenyang kita di bawa ke Ski Area untuk main Saljuuuu… ini dia yang kutunggu karena anak asia tenggara ga kebagian salju hehe,, Waktu kesana tanggal 14 April dan masih ketemu salju,, luar biasaaa,, bahagia banget,,, Tapi kalau mau main ski ada biaya tambahan gitu,, jadi aku sih cukup foto – foto aja hehe,, gabisa main ski juga soalnya,, bokek juga haha

Gbr. Dancing on the snow


- Historical Tree


Abis dari gunung uludag kupikir sudah selesai,, tapi ternyata kita masih dibawa ke 1 tempat lagi yaitu Historical tree,, aku juga lupa nanyain sih ada apa dengan pohon nya,, tapi memang pohon nya besar banget dan bagus.



Setelah itu kita pulang deh,, Jadi paket tour seharga 180 TL ini sangat worth it menurut ku.. udah dapet makan 500gr daging, naik cable car, dan mengunjungi beberapa tempat juga.. Klo kita ngebolang sendiri, harga tiket cable car nya aja one way udah 60 TL, pp 120 TL belum ditambah ongkos bus dari Taksim ke Bursa,, belum biaya makan nya,, pokonya gak nyesel deh.. 




5. DESTINASI WISATA DI CAPPADOCIA – Wisata negeri dongeng


Cappadocia itu buat aku seperti di negeri dongeng… kamu tidak perlu main jauh – jauh untuk mencari keindahan,, cukup buka pintu kamar hotel, hirup udaranya yang segar sambil pejamkan mata, lalu buka mata kamu, tengok kanan – kiri  dan kamu akan melihat pemandangan bebatuan yang sangat indah di sekeliling kamu sehingga kamu akan merasa seperti di negeri dongeng. 


Waktu itu kami menginap di daerah Goreme, hotel – hotel nya pun di design seperti bebatuan khas cappadocia. Pokoknya bagus bingit,, kalian wajib banget kesini kalau ke Turkey.


DAY 1 GOREME OPEN AIR MUSEUM


Hari pertama di Cappadocia aku dan teman – teman hanya sempat ke Goreme Open Air Museum, karena kita landing nya udah aga siang, dan lokasi hotel dengan bandara juga cukup jauh. Terus juga istirahat dulu beberapa jam


Karena aku menginap di daerah Goreme tepatnya di Saksagan Cave Hotel, kita hanya perlu jalan kaki sejauh 2km,, wawww,, kesan nya jauh ya karena di Indonesia orang gak biasa jalan kaki, tapi percaya deh kalian gak akan kerasa cape kalau jalan kaki di Cappadocia, soalnya pemandangannya bagus bangeeeett..





Gbr. Goreme Open Air Museum


Tiket Goreme open air museum harga nya 45 TL, nah disana biasa nya ada orang yang menawarkan diri untuk jadi tour guide, kalau kalian minat biaya nya 70 TL. Tapi karena kami hanya mau foto – foto aja di dalam, jadi kami memutuskan ga pake jasa tour guide itu. Tapi kalau kalian anaknya seneng banget sama history gitu, kayanya boleh banget pakai tour guide.


DAY 2 GREEN TOUR CAPPADOCIA


Ini seru banget, mungkin di Indonesia juga banyak yang hijau – hijau, tapi yang unik dari Cappadocia adalah history nya. Waktu itu kita di jemput di hotel sekitar jam 8 ku lupa,, kebetulan aku dan teman – temanku jemputan terakhir, jadi abis itu kita langsung mulai berwisata.


- RED VALLEY


Pertama – tama kita dibawa untuk melihat pemandangan Red Valley.. lokasi nya dekat dengan saksagan cave hotel, mungkin 2km tapi arah nya berlawanan dengan Goreme openair. Disini kita bisa liat pemandangan bebatuan yang di singgahi burung - burung,,, Pemandangannya si seperti di bawah ini, tapi akan lebih bagus kalau gak ada saya nya sih hehe,, berhubung aku gak ada foto yang pemandangannya aja jadi aku kasi foto yang ini aja yak… 



 Gbr. Red Valley


- TREKKING IHLARA VALLEY


Haduh,, pasti bagi ciwi – ciwi pemalas kaya saya denger kata Trekking tuh langsung down,, gimana mau trekking coba, naik tangga 1 lantai aja udah moal ah kata urang cicurug mah,, Tapi jangan khawatir, disini kalian gak akan cape. Jarak Trekking sekitar 4km, tetapi pemandangan nya itu bagus banget kaya di negeri dongeng, udara nya segar,, sungai nya bersih dan rapi,, cape hilang gaes,, Nih aku kasih potret pemandangan nya.


Gbr. Sungai di area trekking


Gbr. Jalanan trekking nya

- MAKAN SIANG 


Jadi abis trekking kita langsung dikasi makan hahaha,, lapar sih memang,, karena cuacanya dingin juga. Aku lupa deh suhu nya berapa kalau gak salah 9 derajat tapi feel nya like 4 derajat wkwkwk..


Jadi ini foto makanannya gaes,, aku pilih menu ayam karena aku ga suka olahan daging di turkey, rasanya masih bau daging gitu dan aku ga suka bau daging. Oiya kita Cuma dapet makan aja yaa,, jadi minum nya bayar masing – masing,, tambahan minumnya aku beli sprite kaleng seharga 7 TL.

 Gbr. Nasi dan ayam bumbu asem - asem gitu


- UNDERGROWN CITY


Ini dia yang kutunggu – tunggu,, salah satu alasan mengapa pilih green tour ini karena aku mau liat undergrown city,, disini padet manusia banget sih,, padahal hari kerja yes,, ga ngaruh tapi tempat wisata tetap ramai. Disini ceritanya sih tempat persembunyian gitu dulu nya, jadi didalam itu ada dapur, tempat orang jaman dulu bikin wine, dan lain sebagainya. Lokasinya cukup luas sih,, tapi berhubung aku pendek jadi aku ga gitu kesulitan gerak hahah,, tapi kayanya buat kalian yang tinggi – tinggi 180cm keatas,, udah pasti metok kepala kalian gaess,, soalnya aku yang pendek gini aja sampai terseok - seok merangkak.

 Gbr. Undergrown City


- DANAU YANG KULUPA NAMANYA


Setelah pulang dari undergrown city seinget aku tourguide nya ada kasi pilihan mau ke danau ini atau ke tempat lain tapi kita pilih ke danau ini. Waktu itu ketemu bapak – bapak bawa keledai lucu bingitt,, sayang aku gak ada fotonya.


Gbr. Danau yang kulupa namanya


- TOKO OLEH2 DAN TOKO PERHIASAN GITU


Habis itu sebelum kita pulang, kita diajak ke toko oleh – oleh, dipandu juga lho sama karyawan toko nya,, tapi menurut temen – temen ku kalau mau beli Turkish delight lebih enak yang di Bursa. Setelah dari Toko oleh – oleh, kami diajak ke toko perhiasan gitu, tapi aku si anak nya gak suka pakai2 perhiasan gitu, jadi cuma liat – liat aja,,


Okeyyy cerita green tour done




DAY 3 SUNRISE POINT


Aku boarding sekitar jam 10 hari itu, buat balik ke Istanbul lagi. Tapi sebelum itu, pagi – pagi aku dan temen – temen nyempetin buat liat balon di Sunrise point. Lokasi nya deket mesjid terus belok kiri. Lumayan cape sih karena kita lari – lari terus nanjak buat ngejar jam 6 sampe sunrise point nya,, karena kan harus berangkat ke bandara jam 7.30. Tapi percayalah cappadocia tanpa pemandangan balon itu bagaikan ambulan tanpa uwiw uwiw katanya mah,, wkwkwkk,,, Dan kebetulan waktu itu cuaca nya lagi kurang bagus di Cappadocia jadi baru bisa liat balon pas hari ke tiga ini.

 Gbr. Balon udara di sunrise point yang aku ceritakan itu



Okayyyyy,,, usai sudah ceritaku tentang Turkey ini,,, jadi total abis sekitar IDR 12,5juta ya perorang teman – teman,, tapi hitungan itu gak termasuk shopping dan oleh – oleh,, karena shopping dan oleh – oleh itu tergantung kekalapan masing – masing,,,, karena aku anaknya hemat jadi aku sih dikitan aja belanjaannya.


Next trip mau kemana yaaa,,, mau nya sih ke Asia Tenggara dulu sekitar bulan Agustus atau September, tapi belum ketemu tiket yang harga nya pas di kantong,, jadi belum tau mau kemana,, yang pasti gak ke malaysia yaaa soalnya udah 12 kali sampek udah kaya kampung sendiri, maklum tiket ke KL lebih murah dari tiket domestik,, singapore juga udah 3 kali,, bangkok baru sekali sih,, tapi aku mau nya ke Negara yang beda aja,, silahkan comment kalau kalian ada ide atau info tiket murah ke Asia tenggara buat aku yaaaa,, atau ada yang ingin ditanyakan bolehh sini dikomen,, kalau malu komen disini, boleh dm aku di IG @sisca_sisi2 atau email aku di siskaameliamerdi@gmail.com.

Dan sekarang udah jam 11.41 PM aku baru selesai ngetik ini untuk kalian,, semoga menginspirasi.. Sampai jumpaaa di cerita ku selanjutnyaa yaa,,,

Komentar

  1. Nice kaak! Ceritain juga dong pengalaman naik transportasi umum disana. Kalau bisa foto2nya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kakk.. Thank you udah mampirr kesini.. Sippp... Nanti aku buat review di artikel terpisah yaaa

      Hapus
  2. Speak my heart so much, haha... critain cara milih airbnbnya biar g zonk yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you dah mampir kesini anon.. Jd tips nya kamu harus check penilaian tamu dia sebelumnya, rumah nya bersih and nyaman apa engga, kamu juga harus check apakah host nya tinggal di apato yg kamu mau sewa apa engga, karena aga kurang nyaman khaan klo tinggal bareng host nya.. Trs juga pertimbangkan jarak apartemen dengan transportasi umum nya supaya gampang kemana - mana.. Semoga membantu 😉

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuala Lumpur Dadakan

4 days Hong Kong Macau ( Sopa Lost in Hong Kong )