Liburan Ke Jepang

Hi All..... aku mau kasi inspirasi buat kalian yang mau ke jepang... di jepang mau kemana aja sih? budget nya berapa? terus ada makanan halal ga? because I am a moslem, and I need halal food.

hmmm mau mulai dari mana yaaa? kayanya dari budget dulu ya,, berhubung kalo mau jalan - jalan duit harus yang utama disiapin

1. BUDGET

- Tiket Pesawat, kalau kamu naik pesawat 5 star airlines or full service airlines like Garuda Indonesia, All Nippon Airlines (ANA), etc kalo ada promo bisa dapetin antara IDR 4jt-7jt an PP, tapi promo ini harus kejar2an, dan kalau ga kedapetan promo kamu mau gak mau harus ngeluarin uang diatas 10jt PP.. Tapiiiii,, kalo kalian  ga mau bawa bagasi bisa pilih low cost kaya air asia, baru - baru ini airasia meluncurkan rute baru direct Jakarta - Tokyo dengan tiket promo IDR 2 jt an PP, naaahh menggiurkan ga tuh?... tapi pertimbangannya kalau naik low cost airlines tentu kalian ga dapet bagasi, nah bayangkan klo ke jepang musim gugur, dingin atau baru mulai musim semi... itu dingin nya kaya apa,, jadi kalian harus bawa coat, dan coat ga mungkin di simpen di koper cabin soalnya gede dan berat.. selain itu perjalanan 8 jam dan kalian ga ada hiburan karena di low cost airline ga dikasi layar buat nonton, dengerin musik etc, juga kalau mau makanan harus beli.. secara 8 jam di udara udah pasti haus dan lapeeer,,, that's why i choosed ANA...

- Penginapan, saya ga nginep di Hotel,, mahaal geeela kalau di hotel,, I choosed Airbnb.. apa itu? semacam rumah / apartment yang disewakan, karena saya stay nya cukup lama di jepang saya pilih apartemen yang lengkap ada dapur, mesin cuci dll,, harganya variatif.. Kalo di Tokyo rada mahal sekitar IDR 1.5 jt an - 2jt an /malem, kalau di Osaka lebih mureeh ada yang dibawah IDR 1 jt/malem.. jadi kalau mau kesana rame-rame aja biar hemat bisa patungan. Gimana cara book nya kak? langsung aja ke web nya airbnb.. btw gue ga di endorse ya sama airbnb wkwkwk.

- Visa, Buat pemegang pasport biasa kalian wajib bikin visa, kalau kalian pemegang e-passport kalian cuma registrasi bebas visa ato disebut visa waiver yang berlaku untuk 3 tahun,  tapi maksimal stay di jepang hanya untuk 15 hari dalam 1 kali kunjungan, kalau bikin visa waiver di Kedutaan Jepang gratis, tapi kalau di JVAC bayar IDR 115rb. Nah kalau bikin visa ga bisa langsung di Kedubes Jepang, jadi kalian harus ke JVAC, biaya nya IDR 525rb ( 370rb biaya visa + 155rb biaya aplikasi di JVAC nya ). Untuk persyaratan  pengajuannya bisa liat langsung di web nya Kedubes Jepang yakk.. Oiyaaa banyak banget yang bilang kalau mau bikin Visa Jepang mesti punya saldo 20jt direkening,, ada lagi yang bilang harus 50jt... dan itu kagak beneerrr,, yang bener saldo minimal 1,5jt dikali lama nya kita stay di Jepang. Misalnya kalian stay 5 hari, berarti 5x 1.5jt = 7.5jt ya aman nya 10 jt deh.. tapi sebenarnya mereka cuma mau liat transaksi keluar masuknya di rekening kita, jadi pastikan rekening kalian ada transaksi setiap bulannya ( minimal 3 bulan sebelum bikin visa ) karena yang diminta rekening koran / copy transaksi buku tabungan selama 3 bulan. 

- Transport selama di Jepang, di Jepang itu ada 2 jenis kereta yaitu Metro line dan JR line, kalau kalian mau pergi ke Tokyo + Osaka, aku saranin beli JR Pass, soalnya tiket shinkansen dari Tokyo ke Osaka mahal bingit sekali jalan bisa juta an.. kalau pakai JR Pas harga nya sekitar IDR 3,5jt untuk 5 hari, kalian bisa beli di Indonesia di Travel Agent manapun yang jual tiket itu. Tapi kalau kalian mau naik metro kalian harus beli tiket lagi, soalnya JR Pass hanya bisa dipakai di JR line. Harga tiket Metro line jarak deket 180 yen, kalau jauhan dikit 280 yen sekali jalan. Kalian bisa juga naik bis, harga nya kalau ga jauh2 amat sekitar 200an yen, kalau jauh bingit kaya jarak jakarta bogor itu 600 yen. Kalian juga bisa beli suica card, tapi aku lupa harga nya berapa... hehe maafkan..

- Tiket Theme Park, ini optional sih,, kalau kalian mau ke Tokyo disney sea or disney land & universal studio japan,, kisaran harga tiketnya plus minus IDR 1 juta tiap theme park.

- Biaya Hidup, di larang bawa uang pas pasan di jepang... hahahaa soalnya biaya hidup lumayan mahal.. tapi kalau kalian kekurangan uang cash yen, kalian bisa tarik atm di sevel yang biasanya ada atm yang bisa pakai bahasa Indonesia. Estimasinya kalau kalian ga makan disana ( i mean kalian bawa bekel dari Indo soalnya makanan halal susah dicari )  kalian bisa dengan IDR 300rb/hari atau sekitar 2500 yen/hari.. Tapiii kalau pakai makan estimasi aja sekali makan 700 yen kali 3 = 2100 jadi kalian harus siapin 4600yen/hari atau setara IDR 550ribuan/hari. Just Info kalau mau makan ramen halal lumayan mahal harganya 1300-1500 yen / mangkok,,  kalau aku sih waktu itu bawa beras dari Indo,, jadi masak disana.

- Oleh-oleh, nah.. kalo orang Indonesia udah pasti banget setiap kemana mana mesti bawa oleh-oleh,, dan di Jepang sovenir dll itu muahal2,, gantungan kunci aja 600 yen ato sekitar 72rb/pc.. Kalau kalian mau cari sovenir murah bisa ke toko 100 yen di Harajuku. Terus ga lengkap kalau ga beli cokelat kitket matcha yekaaannn.. disana harga nya 280an yen isi 11 bar kecil, tapi waktu itu aku beli banyak di bandara, di toko nya ANA soalnya free tax jadi lebih murah. 


Nah jadi gimana? udah terang kan buat itung-itungan budget ke Jepang?..
Yuk kita lanjut ke destinasi wisatanya...

2. DESTINASI WISATA  

Nah.. ini dia yang pasti ditunggu - tunggu.. ke Jepang mau kemana aja sih?

- TOKYO

1. Tokyo Tower

Tokyo tower ini bagus juga kalau dikunjungi pas malem2, soalnya banyak lampu - lampu nya.


Gbr. Tokyo Tower

Maaf kalau foto nya kurang keceh,, wkwkwk soalnya baru landing abis terbang 8 jam JKT-Tokyo.
Kalo mau kesini kalian bisa naik metro line turun di stasiun Oshiagee Sky Tree. 

2. Yoyogi Park & Meiji Shirine

Ini semacam taman dan kuil sih, tapi keceh banget apalagi pas musim gugur.


Gbr. Yoyogi Park

begitulah penampakan Yoyogi park yang terkenal ituh.. hehe.. 


Gbr. Meiji Shirine

Sekali lagi mohon dimaafkan kalo fotonya engga kecee.. hehehe.. jadi ini pintu masuk menuju meiji shirine semacam kuil gitu.

Jadi, Yoyogi park dan meiji shirine itu lokasinya deketan, kalian bisa naik metro dan turun di Meiji jinggumae stasiun.

3. Icho Namiki Avenue

Tempat ini juga keren, kebetulan waktu itu pas lagi ada parade mobil2 tua gitu,, 



Gbr. Icho Namiki Avenue

kok ada gue lagi sih di foto... wkwkwkwk.... maaf ya saya mah gitu orangnya..
kalau mau kesini kalian bisa naik metro dari Meiji Jinggu ke Icho Namiki.

4. Makan Ramen Halal di Shinjyuku

Jadi buat temen-temen muslim,, ini ada ramen halal jadi boleh di coba,, kebetulan mba2 dan mas2 yang melayani nya orang Indonesia yang lagi part time..


Gbr. Sinjyukugyoen Ramen Ouka Tampak Depan


Gbr. Ramen Halal ( lupa ini yang rasa apa, spicy chicken kayanya )

kalau mau kesini kalian bisa naik JR line ke shinjuku. Oiya buat kalian yang punya JR Pass, kalo kalian naik JR line tinggal tunjukin kartunya aja ke petugas, jadi udah ga perlu beli tiket lagi.

5. SHIBUYA..... HACHIKOU,,, MALL 109...

Ini favorit gue binggo dari jaman abegehhh... maafkan lebay,, soalnya dulu khayalan gue pingin jadi kogal keceh nya shibuya kaya Ran, Miyu, dan Aya tokoh di komik Gals..


Gbr. Hachikou 

Patung Hachikou ini ada nya pas banget di depan Shibuya Station, jadi pas keluar kalian langsung bisa ketemu dia.. dan disini ramai banget turis-turis soalnya kan hachikou terkenal bingit.


Gbr. Mall 109

Oh jadi begini penampakan Mall 109 yang ada di Komik Gals sodara - sodara.... Mall 109 ada 2, kalo yang gamar diatas 109 mens. Ini juga deket banget sama stasiun.. Fyi buat ciwi2 yang doyan Lush Product,, toko nya ada disekitaran sini juga.

6. GUNUNG FUJI

Kalau mau ke Gunung Fuji bisa naik Shinkansen Hikari, turun di Mishima  Station (3 stasiun) pindah ke JR Tokaido Line for Hamamatsu (6 stasiun) lanjut JR Minobu Line for Nishifujinomiya  (7 stasiun), terus jalan kaki deh... lumayan jauh sihh..


Gbr. Gunung Fuji


Gbr. Fujinomiya Station


7. TOKYO DISNEY LAND OR DISNEY SEA

Buat yang udah punya anak, kayanya recomended buat diajak kesini,, soalnya wahana di disney lebih ke yang buat anak - anak.. so. pasti anak- anak kalian happy banget..


Gbr. Disney castle
Sumber :  tokyodisneyresort.Jp


- OSAKA

1. OSAKA CASTLE

Dari Tokyo naik Shinkansen Hikari 463 ke Shin Osaka,, dari Shin Osaka ke Osaka Station terus pindah ke Osaka loop line turun di Mironomiya Station.

Gbr. Osaka Station

2. SHINSAIBASHI

Shinsaibashi ini tempat shopping gitu sihh... banyak coat coat dan baju baju hanya 500 yen... murah khan.... Terus disini juga banyak makanan... sayang engga halal :'( .....


Gbr. Shinsaibashi


Gbr. Display makanan di salah satu resto di Shinsaibashi

3. UNIVERSAL STUDIO JAPAN

Tujuan saya kesini hanyalah untuk narziz di wahana Harry Potter,,, hehehe... yapppp bener bingit ga nyesel kesini ya... keren abiezzz...


Gbr. Wahana Harry Potter USJ


Gbr. desa nya harry potter at USJ

4. FUSHIMI INARI 

Naik JR Nara Line Local  for NARA (Departure Track No.9) hanya 5 menit ke Inari. 140yen



Gbr. Fushimi Inari

5. ARASHIYAMA

Naik JR Nara Line Local  for KYOTO (5min), Kyoto Arrival track No.10 / Departure track No.32 terus JR Sagano Line  for KAMEOKA -SAGAARASHIMAYA (16min). 240yen.


Gbr. Arashiyama

Susah bingit mau foto keceh disini soalnya rame banget banyak orang lewat...


Selain Tokyo Osaka ada lagi nih di dekat Nagoya...

OBARA

Kita bisa liat sakura di musim dingin disini..






Sebenernya masih buanyaaakk bangettt.. tempat - tempat yang bisa dikunjungin,, tapi kayanya tulisan ini udah kepanjangan heheee,, nanti kita bahas lagi yaaa lain waktu....


Seee you di postingan berikutnya....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuala Lumpur Dadakan

Taiwan Trip with low budget