Singapore Itinerary

Hallo,, sudah lama I tak corat coret di blog, banyak yang request untuk nulis tentang singapore, karena banyak yang favorit nya ke singapore padahal aku si engga berhubung di singapore muahaaalll hahaha.. kalo ga salah singapore no 1 biaya hidup termahal, no 2 nya hong kong.. jadi aku senengnya ke malaysia aja ,, hemat.. hehehe... cerita ini gabungan dari 2 time.. waktu masih abg th 2014 sama pas udah tuaan dikit 2016 hehe..

Tapi kali ini aku akan bahas soal singapore.. mau mulai dari mana yaaa?

1. Budget


ini sensitive banget hahaha, karena di singapore apa2 mahal, jadi ini duit yang harus kalian siapin sebelum berangkat yaa.. kalo uang kalian pas - pasan kaya eike musti dicicil,, beli pesawat dulu, bulan depannya hotelnya, bulan depannya beli ticket theme park nya.. trs baru deh siapin uang jajannya..

- Ticket pesawat

Waktu itu ajaib banget aku dapet tiket garuda promo IDR 1,750,000 pp,, secara ticket garuda klo ga promo mana dapet segitu.. dapet dibawah 3jt aja susah hehe.. terus aku juga pernah naik Jet star harga nya IDR 1,3 jt pp belinya 1 bulan sebelum berangkat, karena ini dadakan juga sih,, karena baru join kerja di kraft heinz udah diajakin jalan2 sama temen kantor,,, hehe.. denger2 sih ada yang pernah dapet tiket murah banget, tapi aku sih ga pernah dapet tiket yang bener2 murah,, paling murahnya juga 900ribuan mendekati 1 juta itu pun book nya mesti jauh2 hari banget.

- Hotel

pas pertama kali ke singapore aku sewa apartemen nya orang indonesia, di apartemen Mc Nair yang berlokasi di Boon Keng, pemiliknya nama nya Fenny, jd dia nyewain kamar di apartemennya.. karena dulu kesana bertiga harga nya 130 SGD/ night, kalau berempat 140 SGD lokasi nya strategis sih, dekat Boon Keng MRT station exit A.. Terus pas kesana lagi aku nginep di Kawan Hostel, harga nya sama aja 130 SGD/ night, tapi kita berlima jadi lumayan lah patungannya, lokasinya dekat stasiun MRT Rocor, jalan kaki sedikit, pas di depan nya ada mesjid, jadi recomended buat yang muslim, terus disana juga dapet sarapan roti bakar, dapurnya di lt 2, rotinya bakar sendiri,, hehe. 


Gbr. Mesjid depan kawan hostel
- Ticket Theme Park

harga ticket Universal Studio Singapore rata-rata sama sih disemua travel agent yaitu USD 62,, terus harga ticket trick eye nya dulu aku dapet di Garuda Travel Fair ( GATF ) harga IDR 180,000 di astrindo ( bukan promosi travel soalnya ga di endorse ,, haha).. kalau theme park yang lainnya aku belum pernah masuk sih,, 

- Makan Minum

ini nih,,, hahaha,,, buat yang pertama kali ke singapore dengan budget hemat seperti saya pasti bakalan ketawa... tips aku klo mau makan murah di resto2 yaa semacam little india, biasanya keliatan sih bedanya resto mahal sama sedikit lebih murah dari penampakan.. waktu itu aku sekali makan ber 5 di restoran biasa ( murah ) total 50an SGD sekali makan berlima itu pun minumnya 3 botol air mineral buat rame2 hehe,, terus pas makan di resto mahal harga nya 130 SGD wuihh klo dirupiahin sejuta an lebih.. itu sekali makan di restoran mahal.. hahaha.. jadi tips buat yang mau jalan2 hemat, kalian bawa bekal dari indonesia, semacam pop mie hahahaha,, tapi ga terus2n pop mie juga.. bisa juga bawa lauk.. kan nasi nya bisa beli..hahahaaaa..

- Uang jajan, ongkos, oleh-oleh...

ini unprediction sih  tergantung kalian,, klo aku sih kesini buat main bukan buat jajan,, jadi ga banyak2 jajan,, terus klo ongkos perkiraan sekali jalan naik MRT bisa 1 SGD an sih,, detil harga kartu nya nanti di jelasin. oleh-oleh juga bebas sih,, just info aja mungkin kalian sering liat tas khas oleh2 singapore itu rata-rata harganya 10 SGD dapet 3, kalau yang lainnya aku lupa,, hehe maaf yah..

2. Landing at Changi Airport.. 

    Bandara paling keren katanya sih..


gbr. Terminal 3 Changi Airport

Setelah landing,, apa yang harus kita lakukan?? Yup beli ticket MRT.. bisa tourist pass ato Ez-link.. Belinya di Terminal 2, untuk menuju terminal 2 kalian harus naik sky train, kecuali emang pas landing langsung di terminal 2.. waktu itu aku naik Garuda Indonesia, jadi landing di terminal 3.

Ez-link bisa dibeli dengan harga 14 SGD seinget aku CMIIW.. tapi isinya cm 8 SGD deh, 6 SGD nya harga kartu ( no refund ) CMIIW.. aku lupa soalnya jarang ke singapore, kamu mesti isi ulang ez-link karena ga akan cukup. Plus nya beli Ez-link bisa dipakai dimana aja, dan buat yang sering ke Singapore lebih baik beli Ez-link, nah klo yang mau hemat beli Tourist pass, tapi counter tourist pass baru buka jam 8 a.m, harga nya 2 day 26 SGD klo yang 3 day aku lupa, tapi nanti 10 SGD nya di kembalikan pas kalian balikin kartu ( semacam uang jaminan ).

3. Mulai jalan- jalan ke tempat kece yang gratis


tempat kece yang gratis pegimana sih kak maksudnya.. yaaa maksudnya yang instagramable dek,, kita bisa poto2 tanpa mbayar.. tapi ada juga sih yang bayar kalau mau masuk2 tp kalau cuma mau foto2  diluar aja kan ga bayar.. heheheee..

- Merlion Park

ini tempat yang wajib banget dikunjungi kalao ke singapore,, kayaknya belum ke singapore kalau belum kesini katanya sih.. untuk menuju kesini kalian bisa naik MRT, turun di stasiun Marina Bay ato di Marina South Pier, tapi aku sih lebih milih turun di Marina South Pier soalnya lebih deket ke patung singa hehe.. 


Gbr. Merlion Park

terus disana juga keceh banget kalau malam,,, mau liat penampakannya? nihh.. aku kasih potonya deh.. hehe


Gbr. Riverside dekat patung singa

- Garden bay

sebenarnya kalau masuk musti bayar,, tapi karena cuma foto2 diluar jadi gratis hehe.. waktu kesini malem-malem.. dan lumayan keceh sih.. meskipun mau poto ga keliatan mukanya.. lokasinya juga ga jauh dari merlion, kamu bisa turun di statiun marina bay exit B.


Gbr. Garden bay ( night view )

- Singapore Botanical garden

semacam kebun raya bogor kayanya.. tapi disini lebih rapi dan lebih kece,, masuk kesini gratis.. tapi kalau mau masuk ke National Orchid Garden kalian mesti bayar sekitar 20an SGD deh.. waktu kesini kita ada tour guide nya.. namanya Alan Toh, dia temen sekantor ku tapi dia di kraft heinz singapore.


Gbr. Waktu di guide Alan


Gbr. Singapore Botanical Garden


Gbr, Numpang narziz yak.. hehe

kalau mau ke Singapore Botanical Garden kalian bisa naik MRT turun di stasiun Botanical Garden.

- China town ( Chinese New Year )

kalo kesini pas momen chinese new year disini ramai pisan euyy,, keren banyak lampion.. tapi kalau hari biasa sih paling buat belanja oleh2 aja.. kalau mau kesini naik MRT turun di stasiun china town.



Gbr. Suasana malam chinese new year


Gbr. with best friend, jangan bully adek.. ini waktu masih ABG belum berhijab.. hehe


4. Theme Park dan lainnya yang berbayar ,, hehe


mungkin bagian ini yang ditunggu-tunggu.. ya karena udah beli ticketnya dari indonesia jadi tinggal kita tuker aja ticketnya, ada 2 jenis ticket pas kalian beli di travel di Indonesia, ada yang bentuknya ticket langsung jadi bisa langsung nunjukin ticketnya dan masuk, ada juga yang bentuknya e-ticket yang harus kalian tuker dulu di counter ticket.

- USS ( Universal Studio Singapore )

USS ini lokasinya di Sentosa Island,, Kalau kalian pengguna Ez-link bisa langsung Tap, kalo kalian pengguna tourist pass kalian harus beli ticket lagi buat naik monorail sentosa harga nya SGD 4, terus kalo kalian beli ticketnya e-ticket bisa nuker di counter ini juga.. cara nya buat ke sentosa kalian naik MRT/ bus, kalau naik MRT turun di stasiun Harborfront terus ke vivo city menuju lantai 3 nanti ada petunjuk nya sih buat menuju monorail yang ke sentosa.

Gbr. Universal Studio Singapore


Gbr. Di dalam USS


- Trick Eye Museum

ini lokasinya persis samping USS, buat yang ga suka foto2 kayanya jangan kesini deh, soalnya isinya cuma buat foto2 aja,, cekidot


Gbr. Di dalam trick eye museum

- Singapore National Museum

Jadi ini berbayar sodara-sodara.. ya kalo mau foto di depannya sih engga hehe,, waktu itu aku masuk ke bagian semacam IPTEK gitu klo di Indonesia ( iptek yang di taman mini ), itu harga ticketnya 10 SGD, kalo bawa kartu pelajar lebih murah, by the way disini Alan engga bayar, soalnya kalau Warga Negara Singapore gratiss,, wuihh enak banget ya.. coba di Indonesia juga gitu hehe.. tapi turis yang dateng ke Indonesia juga masih sedikit sih engga kaya di singapore.


Gbr. Depannya National Museum Singapore 


Gbr. Di dalam national museum

Jadi bagian yang aku kunjungin semacam IPTEK jadi isinya juga kaya penelitian-penelitian gitu.


5. Mau cari oleh-oleh?

ini nih bagian terakhir dari destinasi... sebelum pulang, cari oleh-oleh dulu..

- Mustafa Center

ini semacam super market gitu buat beli oleh-oleh,, kalau mau nyari cokelat bisa beli disini karena murah- murah, untuk menuju kesini kalian bisa naik MRT turun di stasiun farrer park

- Little India

ini buat kalian yang penggemar Bollywood yang mau cari segala macem nya tentang bollywood mulai dari Baju, dan aksesoris.. kalian bisa naik MRT turun di stasiun Little india.. ga jauh si dari Mustafa center,, kalo mau jalan juga bisa hehe..


Gbr. Kawasan Little India,, 

- Bugis street

ini buat yang mau cari oleh - oleh macem-macem,, cokelat ada,, baju ada,, aksesoris, gantungan kunci.. ya gitu deh.. kalo mau kesini bisa naik MRT turun di stasiun Bugis


Gbr. Bugis street

- Orchard Road

Disepanjang jalan ini juga kalian bisa beli oleh-oleh,, barang - barangnya sih sama kaya di Bugis street.. tapi disini kalau malem keceh,, kalian bisa jajan ato makan malem,, tapi kalau makan malem di mall si lumayan mahal.. hehe


Gbr. Orchad Road.


yapp.. segitu dulu yaa,, cerita tentang singapore nya.. aku juga masi banyak si yang belum dikunjungin di singapore kaya Haji Land, Singapore Zoo, Safari Night dll mungkin next time kalau kesana aku bakal ceritain lagi yah..

Thanks for visit my blog

see youu...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuala Lumpur Dadakan

Taiwan Trip with low budget