4 days Hong Kong Macau ( Sopa Lost in Hong Kong )

Hayyy hayy hellooo…. Aku udah ga sabar banget buat nulis ini.. hahahaaaa..  sekarang aku udah ga galau lagi hahahaha,,, jadi ini bukan jalan – jalan galau kaya ke KL kemarin hehe..
Well aku bakal ceritain ke kalian apa aja yang mesti di siapin sebelum berangkat ke hongkong dan dll.

Hhmmm.. mau mulai dari mana dulu yahh.. yapp.. ini dia yang perlu kalian siapin,, bytheway anyway  busway,, alay sumpahh ncaa.. kembali ke laptop,, harga yang aku tampilkan tidak fix price,, jadi tergantung keberuntungan kalian,, bisa jadi akan lebih mahal atau lebih murah karena tergantung promo..

Desc
Price
Note
Tiket pesawat HK PP by Malaysia Airline ( Promo traveloka )
IDR 2,500,000.00
Kalau ga promo harga kisaran 3jt sampai 5jt
London Guest House ( Penginapan )
IDR 600,000.00
IDR 1jt/night via booking.com, total 3 malam IDR 3jt sharing utk 5 org jadi masing2 IDR 600rb
Tiket Disneyland HK promo traveloka ( tidak include meal )
IDR 752,000.00
umumnya kalau beli di travel agent harga IDR 994,000 exclude meal dan IDR 1,200,000 yang include meal
Airport Express HK ke Airport USD 9 ( one way )
IDR 122,532.00
kurs USD : 13,614.69
Peak tram USD 11.28
IDR 153,574.00
 kurs USD : 13,614.69
Ferry Macau USD 38
IDR 521,702.00
kurs USD : 13,729
Macau Tower USD 11
IDR 151,052.00
kurs USD : 13,732
Total
IDR 4,800,860.00


Yapp.. kira – kira segituan lah yang perlu kalian siapin sebelum berangkat ke HK, seperti yang aku bilang sebelumnya kalau ini bukan Fix Price ya, jadi kalau kalian beruntung dapat promo lebih mungkin bisa lebih murah & klo kalian ga dapet promo mungkin bisa lebih mahal. Soalnya aku dan temen – temen yang lain juga beda – beda harga nya, dan aku yang paling murah, bahkan  Wangi & Darus harus rela pulangnya nginep semalem di KL karena harga tiket yang jam ku udah berubah jadi IDR 11jt,, jadi mending dia bayar hotel di KL dan pulang besoknya,, hehe... Kalau aku sih emang udah prepare dari jauh hari, kalau yang lain mah nyusul aku, tadi nya beli tiket cuma berdua sama Oky dapet promo kartu kredit Mandiri nya Oky via traveloka hehe, tapi alhamdulillah akhirnya banyak yang nyusul jadi seru. Oiyaa,, aku beli airport express nya cuma one way, untuk pulang nya, kalau perginya aku naik bis seharga HKD 30 atau 33 yah aku lupaa hahaa bayar nya pakai octopus card..

Oh iya ada lagi,, perincian di atas belum termasuk ongkos selama di HK & Macau, Uang jajan, uang makan , dan oleh – oleh yah hehehe,, berapanya tergantung kalian.. just info aja HK biaya hidup termahal No 2 setelah singapore,, so buat yang pernah ke Singapore kira-kira uang makan di Singapore sama di HK beda tipis,  tapi bagi eike lebih mahal di HK, soalnya makanan halalnya langka.. contohnya aku beli nasi + rendang + salad + coca cola ( paketan ) harga HKD 139 atau sekitar IDR 250.000 untuk sekali makan hahahahaa sedih ya,, biasa di warung padang paling 20ribu rupiah,,, Bocoran aja nih, selama di HK aku dan gengs bawa rendang, ayam suwir, kentang mustofa, kornet, teri kacang, sosis,dll karena di HK surga makanan non halal, jadi lauk kita bawa dari indonesia, soalnya takut ga nemu makanan halal. Kalau di Disney ga boleh bawa makan & minum dari luar, tapi ada makanan asia kok disana, ada makan indonesia kaya yang aku beli, cuma ya harga nya emang lumayan bikin pingin ketawa,, hahaha

Day 1

Hari ini karena sampai HK agak sore, jadi cuma sempet liat symphony di Tsim sha aja. Pas landing di HK siapin duit HKD 150 buat beli kartu octopus yang buat dipakai untuk naik LRT & Bis di HK, tapi waktu itu aku langsung isi ulang nambah HKD 100 soalnya emang 4 hari disana bisa ngabisin segitu buat muter – muter HK, jadi budgetin buat octopus HKD 250 ( HKD 50 nya bisa di refund kalau kartu nya dikembalikan ). Beli octopus card nya di HK airport.


Gbr. From airport to Tsim Tsa Tshui

Sesampainya di Tsim Tsa langsung menuju London Guest House, letaknya persis di sebrang Tsim Tsa MRT Station Exit A, exit A ini pas kalian keluar ada masjid gede di sebelah kiri kalian, nah, kalau mau ke London guest house kalian ke sebrang terus jalan dikit ke kanan di samping toko kamera canon kalian masuk aja langsung ada lift buat ke Lantai 13 yaitu London guest house, nanti keluar list London guest house ada paling ujung sebelah kiri. Jadi bentuknya ini kaya apartemen gitu, bawah nya ruko. London guest house ini recommended banget karena ada bang Samir yang siap 24 jam kalian tanyain apa aja tentang HK hehe, doi juga bakalan nge watsapp jadwal solat di HK ke kalian,,

Well, tiba saat nya kita jalan – jalan…
Langsung menuju exit MRT  Tsim Tsa Shui East station buat liat symphony of light jam 8 p.m. sebelumnya kita muter – muter jogging pinggir laut.



Gbr. Ini Nurul yang lagi nyari petunjuk

Kita agak kesulitan komunikasi ke warga HK karena jarang yang bisa speaking English, jadi kalian mesti pilih – pilih kalau tanya, cari yang face nya orang kantoran / mahasiswa hehe, atau kalau mentok tanya aja “qing wen, women yao qu tsim sha east, thim sha east shi zai nar? ( cingwen, wo yao cu sim sha east, sim sha east se cai nar?)” arti nya numpang tanya, saya mau ke tsim sha east, itu dimana?” minimal kalian bisa liatin gerakan tangan nya yang lagi nunjukin arah hahahah,, pakai Bahasa tubuh… wwkwk



Gbr. Waiting Symphony of Light at Tsim Sha Tsui

Dan,, aku gak sempat mengabadikan momen Symphony of lightnya. Tapi keren lah pokoknya.
Habis ini kita nungguin si Sopa yang tidak ada kabar.. Jadi kita ke HK ber 7, Aku, Oky, Azni, Nurul, Wangi, Darus dan Sopa, tapi sopa nyusul belakangan karena dia transit di KL 6 jam, kita sempet lost contact sama sopa karena paket internet dia ga bisa di aktifin, So cuma mengandalkan WIFI di HK airport, sopa ke tsim sha naik airport express. Kita khawatir banget karena sopa baru pertama kali go international, takut nyasar juga sendirian, udah gitu orang HK pada ga bisa Bahasa inggris pulak.. Akhirnya aku punya ide buat nyusulin sopa ke LRT stasiun tsim tsa tsui east, karena perkiraan kita sopa kan naik airport express dan pasti turun di stasiun itu.. daaannn…. Akhirnya kita dipertemukan pas sopa turun escalator di stasiun,, ini udah kaya jalinan kasih,, langsung peluk-peluk wkwkwk semuanya histeris bersyukur bisa ketemu sopa,, disini benar2 kita percaya kebesaran Allah yang mempertemukan kita,,, tanpa ada koneksi internet,, jodoh pasti bertemu lah,, hahahaha.. alhamdulillah banget..



Gbr. Narsis dikit.. wkwkwk waktu nyari sopa yang hilang

Well, abis ketemu sopa,  kita ke Temple street buat belanja, hahaha… ini adanya di MRT Jordan station exit A,,, tapi mesti hati – hati yaa,, turis biasanya dimahalin, kalian harus abis abisan nawarnya, dan hati – hati ketipu, karena kita ketipu flash disk lucu yang ternyata ga idup, jadi kalau mau beli elektronik apapun mesti dicobain dulu ya gaes. Terus kita langsung pulang, istirahat dan siapin tenaga buat besok ke macau..

Day 2 Macau

Ini plus nya kalau kalian stay di Tsim Tsa, karena kalian bisa tinggal jalan kaki buat ke pelabuhan ferry macau. Jadi dari London guest house kalian  ke sebrang terus jalan ke kanan, agak susah jelasin nya sih pakai gmap bisa lah hehe,,



Gbr. Helo macau… maap alayy hehehe

Sesampainya di Macau kita naik free suttle ke pusat kota, stop nya di kasino gitu deh, terus jalan kaki sedikit buat dapet foto kaya di atas hehe.. abis itu ke Macau Tower, naik bis bisa bayar pakai HKD karena kita ga beli kartu buat transport di Macau, harga nya sekitar HKD 3 deh sekali jalan.

Abis dari Macau Tower kita balik ke Hong Kong naik ferry yang jam 3 p.m., jangan lupa paspor dibawa kemana – mana yah,, sampai di hongkong otewe ke peak tram buat liat hong kong dari atas puncak. Naik MRT ke central terus kita janjian sama tour guide dari klook, karena kita beli tiket di klook jadi kita difasilitasin tour guide yang nganterin kita ke peak tram nya jalan kaki  ( Fast track ). Ini recommended banget juga karena kalian ga perlu antri panjang buat beli ticket peak tram,,



Gbr. Ini dia HongKong dari atas bukit


Abis dari peak tram kita ke Ladies Market buat belanja – belanja lagi, oiya just info  kalau nyari yang murah telusuri terus pasarnya sampai abis, soalnya makin ke dalem makin murah hehe,, kalau mau kesini naik MRT turung di Mong Kok station.

Days 3 Lantau Island ( Big Budha & Disneyland )

Wow ini yang ku tunggu – tunggu…. Disney is my dream,,, dream come true!!
Pagi – pagi kita ke Big Budha dulu, naik MRT cukup jauh juga, turun di MRT Thung Chung. Buat ke Big Budha kalian bisa naik Cable Car atau naik Bis ke Ngong Ping, tapi waktu itu cable car nya lagi maintenance, jadi kita naik Bis, kalau hari senin sampai sabtu harga nya HKD 17 tapi kalau Minggu HKD 22 klo ga salah inget hehe.. padahal baru minggu lalu tapi udah lupa aja yak paraahh..



Gbr. Big Budha ( pliss don’t judge by my sandals.. hahaha)

Selain bisa foto dengan Big Budha, kalian juga bisa ke Wisdom Path yang engga kalah kece.. Hadehh kalian belum cape baca tulisan aku khannn.. hihihi



Gbr. Wisdom Path

Okkeyy selesai di Big budha.. saat nya kita mewujudkan mimpi neng Nca yaitu ke Disneyland. Balik lagi naik Bis ke Tung Chung, terus naik MRT turun di stasiun Disneyland Resort, Terus transit naik kereta Disney yang lucunya kaya akyu makasih.. hehe..



Gbr. Disneyland Hong Kong

Mamaakk.. aku di Disneyland,,, hahahaha… alay bhay.. ini mimpi banget waktu sekolah pingin ke sini.. oyaa just info lagi, tiket yang kalian beli di traveloka ato lainnya bisa di print dengan cara scan barcode, tapi klo barcode nya ga ke scan bisa langsung antri masuk aja nanti di print di pintu masuknya.



Gbr. Waiting Night Parade

Di Disney ada apa aja? Hemmm.. ada banyak dan seru,, susah dijelasin juga bisa ber lembar – lembar,, jadi datang aja kesana yahh.. hehe..


Day 4 Bye Hong Kong

Yap,, sabtu ini cuma muter muter HK sambil nyari supermarket aja, buat cari cemilan buat oleh - oleh. Karena hari minggu adalah waktunya TKI libur, jadi jangan kaget kalau Hongkong seketika berubah jadi seperti di Indonesia karena bwaaanyaaak banget orang Indonesia dimana mana hahahah… 

Yap segitu aja deh yang bisa aku ceritain… kalau mau nanya – nanya boleh yak.. seperti biasa email aku di siskaameliamerdi@gmail.com ..


Zaijian..
Salam Gadis Backpackeran…hahahahaaa.. 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuala Lumpur Dadakan